Saturday, April 16, 2016

SESSION LAYER



Advertisement


SESION LAYER
Lapisan sessiob atau session layer’ merupakan lapisan ke lima dari model referensi OSI . Lapisan ini menerapkan suatu mekanisme Kontrol dialog antara dua aplikasi. Di samping itu, lapisan ini menyediakan sarana untuk membangun hubungankomunikasi antara dua program aplikasi dan menggunakanya.
Beberapa protokol yang terdapat pada layer ini adalah NETBIOS, NETBEUI (NETBIOS Extended User Interface) dan PAP (Printer Access Protokol). NETBIOS merupakan suatu session interface dan protokol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke presentation layer dan application layer . NETBEUI merupakan suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft Networking, seperti Windows NT dan LAN Manager ADSP (AppleTalk Data Stream Protokol). Sedangkan PAP Terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan Apple Talk.
Pada lapisan session ini terdapat dua jenis layanan, yaitu :
  1. Pembentukan dan pemutusan hubungan antara entitas presentasi.
  2. Mengatur pertukaran data, menentukan batas dan melakukan sinkronisasi operasi data antar dua entitas presentasi pada lapisan diatasnya.
Selain dari layan session layer, juga akan dibahas masalah unjuk kerja jaringan komputer yang akan meliputi masalah unjuk kerja jaringan komputer, pengukuran unjuk kerja jaringan komputer, rancangan sistem untuk memperoleh unjuk kerja yang lebih baik dan protokol – protokol untuk jaringan berunjuk kerja tinggi di masa yang akan datang.

1 Layanan Session Layer
Session Layer mengijinkan para pengguna untuk menetapkan session dengan pengguna lainnya. Sebuah session selain memungkinkan transport data bisa, seperti yang dilakukan oleh Transport layer, juga menyedikan layanan yang istimewa untuk aplikasi – aplikasi tertentu. Sebuah Sessions digunakan untuk memungkinkan seseorang pengguna log ke remote time sharing system atau untuk memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya.
Sebuah layannan session layer melaksanakan pengendalian dialog. Session memungkinkan lalu lintas bergerak dalam dua arah pada suatu saat, atau hanya satu arah saja. Jika pada satu saat lalu lintas hanya satu arah saja (Analog dengan rel kereta api tunggal), sessioan layer membantu untuk menentukan giliran yang berhak menggunakan saluran pada suatu saat.
Layanan session diatas disebut manajemen token . Untuk sebagai protokol , adalah penting untuk memastikan bahwa kedua pihak yang bersangkutan tidak melakukan operasi pada saat yang sama. Untuk mengatur aktivitas ini, session layer menyediakan token – token yang dapat di gilirkan.Hanya pihak yang memegang Token yang diijinkan melakukan operasi kritis.
Layanan session lainya adalah sinkronisasi. Ambil contoh yang daapat terjadi, ketika mencoba transfer file yang berdurasi 2 jam dari mesin satu ke mesin lainnya dengan kemungkinan mempunyai selang waktu 1 Jam antara dua crash yang dapat terjadi. Setelah masing – masing transfer dibatalkan , Seluruh transfer mungkin perlu diulangi lagi dari awal, dan bisa saja mengalami kegagalan lain. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya masalah ini, session layer dapat menyisipkan tanda tertentu ke aliran data. Karena itu bila terjadi crash, hanya data yang berada sesudah tanda tersebut yang akan di transfer ulang.
Dalam beberapa standart protokol jaringan, lapisan sessiondan lapisan transportdi gabung menjadi satu lapisan. Jadi pada dasarnya lapisan session bertugas mengontrol kerja sama antar komputer yang sedang berkomunikasi.

2 .Unjuk Kerja Session Layer
Masalah untuk kerja merupakan sesuatu yang sangat penting dalam jaringan komputer.Masalah unjuk kerja ini muncul bukan hanya dalam Transport Layer maupun session layer, Akantetapi network layer cenderung sangat berkepentingan dalam masalah routing dan kontrol kemacetan.
Dalam masalah unjuk kerja dibagi menjadi beberapa hal, yaitu :
  1. Masalah – Masalah unjuk kerja.
  2. Pengukuran unjuk kerja jaringan.
  3. Rancangan sistem untuk memperoleh unjuk kerja yang lebih baik dan protokol – protokol yang digunkan jaringan berunjuk kerja tinggi dimasa depan.

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon