Friday, April 22, 2016

Mengatasi Ubuntu / linux mint/ Linux Sangat Lemot



Advertisement


Setelah melakukan install linux mint/ ubuntu atau keturunannya, kok laptop terasa lemot? Pengalam ini saya dapatkan setelah melakukan instal linux mint 17 Qiana dengan desktop cinnamon, lalu apa yang saya rasakan? Laptop terasa sangat berat, entah membuka menu, aplikasi dan yang membuat saya jengkel waktu menutup beberapa aplikasi seperti settings, synaptict sering not responding. Berbagai cara yag telah saya lakukan namun hanya beberapa cara yang bisa mengatasi masalah tersebut. Adapun penyebab lambatnya laptop ber os distro linux yang saya simpulkan sebagai berikut :

1. Masalah Desktop ( cinnamon, KDE, Xfce, Mate, etc..)
2. Masalah Konfigurasi Xserver-Xorg
3. Masalah Settingan Desktop
4. Spek Laptop / komputer

Setelah mengetahui penyebanya, sekarang kita bahas solusinya, mungkin solusi yang saya tulis dibawah ini belum menjamin keberhasilan, karena setiap permasalahan yang datang selalu memiliki cara yang berbeda beda dan banyak, tapi tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa tips dibawah ini

1. Solusi Permasalahan Desktop

Karena dalam masalah ini menggunakan desktop cinnamon, maka yang kita bahas adalah desktop cinnamon. Setelah saya melakukan cara cara yang berasal dari berbagai forum namun hasilnya tetap nihil, dan tetap saja cinnamon menggunakan cpu tinggi sekitar 20-50an ( Cinnamon High CPU Usage ) saya nekat menghapus paket mdm dan memasang kembali paket tersebut, adapun caranya yaitu melalui perintah terminal sebagai berikut :
untuk menghapus paket mdm
Sudo apt-get remove mdm

Untuk memasang kembali mdm ( butuh koneksi internet file berukuran 2 mb )
Sudo apt-get install mdm

Setelah melakukan langkah tersebut, restart laptop anda dengan perintah “ Sudo reboot “ tampa tanda petik dan setelah melakukan cara tersebut, desktop cinnamon terasa lumayan ringan di netbook atom saya.

2. Permasalahan konfigurasi Xorg-Xserver

Biasanya ini terjadi setelah kita mengubah atau melakukan modding, namun tidak ada salahnya jika kita melakukan konfigurasi ulang dengan perintah dibawah ini, setelah itu coba restart computer.

Sudo dpkg-reconfigure xserver-xorg-video-modesetting

3. Masalah settingan desktop

Jika cara nomor 1 belum berhasil coba nonaktifkan efek desktop di Menu>System Settings>Effect>hilangkan centang di Enable Desktop effect atau hapus beberapa aplet yang tidak terlalu penting.

4. Masalah Spek Komputer

Jika anda menggunakan netbook spek pas pasan atau menggunakan komputer versi lawas, anda bisa menggunakan desktop alternatif lainnya yang lebih ringan, diantaranya adalah Xfce, Mate, dan KDE
Dalam beberapa produk laptop seperti dell , yang sering membatasi kecepatan prosesor jika ketahuan tidak menggunakan aksesoris dari dell seperti bateray, charge atau mengalami kerusakan diantara keduanya. Dan mengakibatkan laptop berjalan lambat di clock terendah. Untuk mengakali pembatasan kecepatan tersebut pengguna linux bisa melakukan tips dibawah ini :

Buka terminal , lalu ketik perintah

Sudo nano/etc/default/grub

Lalu edit bagian “GRUB_CMDLINE_LINUX_DEEFAULT=” dan tambahkan tulisan processor.ignore_ppc=1 seperti gambar diatas, setelah itu ketik ctrl+x dan masukkan huruf Y untuk menyimpan, setelah selesai, langsung ketik perintah

Sudo update-grub

Dan coba restart laptop anda, dan lihat perubahannya !

Artikel Terkait

8 komentar dari Sahabat

Trimakasih, skarang komputer saya tidak lemot, mengikuti trik nomor 4

sudo nano/etc/default/grub
sudo: nano/etc/default/grub: command not found

utk yg no 4 kok muncul ginian ya??

itu beri spasi gan, coba ketik atau copy paste ini : sudo nano /etc/default/grub
kalo tetap tidak bisa coba pake perintah sudo gedit /etc/default/grub

wah berhasil gan, mantab jiwa !!!

mantab gan, ini yang aku cari-cari.

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon