Friday, April 22, 2016

Mengatasi Processor mentok di 750 Mhz, 800 Mhz, 1000Mhz



Advertisement



Prosesor merupakan hal terpenting dalam sebuah komputer, laptop, smartphone dan alat digital lainnya, dimana semua tugas yang kita berikan ( Input ) akan diproses dan dikerjakan oleh prosesor, kecepatan prosesor juga sangat mempengaruhi kinerja, besar kecilnya clockspeed dan memory, maka akan memberikan dampak waktu lama atau cepatnya pemrosesan, kali ini dellze akan membahas pengalaman tentang mengatasi prosesor yang mentok di 750 Mhz, 800 Mhz dan 1000 Mhz, masalah itu terjadi pada laptop dell dengan prosesor intel core i7, Laptop terasa sangat lemot sekali, sudah berbagai cara dilakukan, mulai dari instal ulang Windows – Linux, tweak / modding sistem operasi, upgrade ram, unistal aplikasi, dan bahkan sudah melakukan semua usaha tadi lebih dari 14 kali !!
Waktu itu saya hampir putus asa dan ingin membeli laptop baru, namun budged / dan menjadi kendalanya, tapi setelah saya berfikir kesana kesini, saat saya mengatur waktu di bios, secara kebetulan ngelirik agak kebawah, ada tulisan “ Intel Speed-Steep “ saya penasaran dengan hal itu, lalu saya terjemahkan pakai google translate, dan artinya adalah “ Intel Kecepatan Langkah”, saya tidak sengaja waktu itu, dan iseng iseng saya hilangkan centang di Intel Speed Steep-nya, dan nggak nyangka, hal itu bisa mengubah yang tadinya laptop kaya keong lagi diare, langsung menjadi seperti kilat yang menyambar !! wow !.. saya langsung senang, jika laptop sobat juga mengalami masalah seperti saya, coba nonaktifkan Intel Speed Steep di bios laptop agan, dan coba bedakan ... memang sih banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan prosesor, seperti suhu tinggi, pengaturan daya, dan lainnya, namun yang saya bahas diatas, merupakan permasalan pada pengaturan bios.

Tapi ada kabar baik buat pengguna linu nih, jika laptop / komputer sobat ingin cepat dengan menaikkan clock speed prosesor otomatis, ikuti langkah tweaknya disini ( tutorialnya ada diurutan paling bawah )

PENTING !

Tidak semua bios laptop / komputer terdapat pengaturan clockspeed seperti kasus diatas, dan prosesor yang saya gunakan tutorial diatas adalah Intel, untuk AMD saya belum tahu pasti, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.   

Artikel Terkait

Silahkan berkomentar dengan sopan sesuai topik yang dibahas. Mohon tidak meninggalkan URL. Silahkan berkomentar dengan sopan serta sesuai topik dan dimohon untuk tidak meninggalkan link aktif.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon